Belajar Menggapai Langit Blog

Agustus 29, 2009

SURAT PERJANJIAN KONTRAK RUMAH

Filed under: Sekitar Hukum,Wira Usaha — Mugito Guido @ 4:01 pm

Agar mempunyai kekuatan hukum dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, sewa rumah untuk suatu usaha tentu memerlukan sebuah Surat Perjanjian. Dengan surat perjanjian sewa / kontrak rumah ini antara penyewa dan yang menyewakan menyepakati apa yang menjadi hak dan kewajiban masing-masing, dan apabila terjadi penyimpangan terhadap isi perjanjian telah disebuatkan konsekuensi hukumnya.  Bagi yang memerlukan Surat Perjanjian tersebut, format ini dapat digunakan tentunya perlu diedit sesuaikan dengan kebutuhan. Belajar Menggapai Langit memberikan contoh berikut.

SURAT PERJANJIAN KONTRAK RUMAH

Pada hari ini, sabtu, tanggal 20 Agustus 2009

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Alamat :
Pekerjaan :
No. KTP :

Selaku pemilik rumah yang beralamat di ( diisi alamat / kedudukan rumah yang akan disewakan)

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA (menyewakan)

Nama :
Alamat :
Pekerjaan :
No. KTP :

Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA (penyewa)

Pihak pertama bertindak dalam kedudukannya tersebut diatas menerangkan dengan ini, menyewakan kepada pihak kedua sebagai berikut :

Sebuah rumah berukuran 7 x 15 meter atau 105 m2 (105) meter persegi yang terletak ( diisi alamat / kedudukan rumah yang akan disewakan)

1. Dengan fasilitas :
a. Listrik 1300 W
b. Fasilitas air dan kamar mandi
c. ——-
d. ——-
2. Bentuk bangunan permanen dengan rincian :
a. Atap : Genteng
b. Dinding : Tembok dan Kaca
c. Lantai : Keramik Putih
d. Rangka : Beton
e. ——-

Selanjutnya diantara pihak-pihak menerangkan, bahwa persewaan tersebut dilakukan dan diterima dengan syarat-syarat dan perjanjian-perjanjian sebagai berikut :

Pasal 1
Perjanjian ini dimulai pada tanggal 20 Agustus 2009 dan berlangsung untuk waktu 5 (lima) tahun lamanya, dengan demikian perjanjian ini akan berakhir pada tanggal 20 Agustus 2014.

Pasal 2
Uang sewa dari apa yang disewakan dalam perjanjian ini berjumlah Rp. 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) untuk masa persewaan selama 5 tahun lamanya. Pembayaran telah dilakukan saat penandatanganan perjanjian ini, secara lunas.

Pasal 3
Pihak pertama menjamin pada pihak kedua, bahwa dalam masa sewa tersebut tidak akan mendapat gangguan, baik dari pihak pertama atau pihak lainnya, yang mempunyai hak terlebih dahulu atau turut mempunyai hak atas apa yang disewanya dengan perjanjian ini.

Pasal 4
Pihak kedua dengan ini berjanji dan mengikatkan diri pada pihak pertama, bahwa selama perjanjian ini berlangsung tidak akan melanggar peraturan, tata-tertib, norma agama dan susila yang berlaku di masyarakat pada umumnya.
Apabila pihak kedua melakukan pelanggaran atas janjinya tersebut diatas, maka pihak pertama akan memberikan peringatan sebanyak tiga kali kepada pihak kedua. Selanjutnya apabila pihak kedua belum menghentikan perbuatannya maka pihak kedua dengan ini telah memberi kuasa kepada pihak pertama dengan hak pengganti untuk membatalkan perjanjian ini secara sepihak, untuk itu pihak kedua tidak akan mengajukan gugatan atau tuntutan berupa apapun juga.

Pasal 5
Selama perjanjian ini berlangsung, pihak kedua hanya boleh memakai tempat yang disewa/disewakan sebagai tempat usaha percetakan. Sedangkan untuk pemakaian secara lain, pihak kedua harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari pihak pertama.

Pasal 6
Pihak kedua wajib memelihara apa yang disewa/disewakan dengan perjanjian ini dengan secara baik dan harus mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan dan telah disepakati bersama.

Pasal 7
Segala kerusakan akibat pemakaian yang normal (misal engsel, cat), akibat bencana alam (gempa, bajir, badai, jamur), kebakaran (massal, korsleting listrik), serta huru hara bukanlah tanggung jawab pihak kedua dan pihak pertama tidak berhak menuntut atas kejadian itu.

Pasal 8
Selama masa persewaan ini berlangsung, pihak kedua diizinkan menambah fasilitas bangunan (ruangan, AC, watt listrik) yang sifatnya tidak permanen. Penambahan fasilitas permanen (tembok/ruangan batu) harus mendapat izin dari pihak pertama.

Pasal 9
Selama masa persewaan ini berlangsung, pihak kedua diperbolehkan untuk memindahtangankan hak persewaannya kepada pihak lain (oper kontrak) atas izin pihak pertama.

Pasal 10
Sejak ditanda tangani kontrak ini maka pihak kedua berkewajiban membayarkan iuran listrik, keamanan, sampah kepada pihak yang berwenang hingga akhir masa kontrak selesai. Apabila ada permasalahan biaya sebelum kontrak ini ditandatangani maka merupakan tanggung jawab pihak pertama.

Pasal 11
Pihak pertama dan pihak kedua sepakat bahwa iuran listrik tiap bulannya dibagi sama rata (50:50) antara pihak pertama dan pihak kedua sesuai tagihan listrik tiap bulannya.

Pasal 12
Apabila pihak pertama tidak sanggup membayar iuran listrik selama 3 bulan berturut-turut maka pihak kedua berhak untuk memasang sendiri saluran listrik dari PLN.

Pasal 13
Selama masa kontrak ini berlangsung maka pihak pertama memberikan fasilitas air dan kamar mandi kepada pihak kedua. Pihak kedua bebas menggunakan fasilitas air yang disediakan oleh pihak pertama.

Pasal 14
Apabila dalam masa kontrak ada permintaan pemerintah untuk memotong bangunan untuk pelebaran jalan, maka hal ini merupakan tanggung jawab pihak pertama atas pembiayaannya.

Pasal 15
Segala sesuatu urusan pajak, surat izin bangunan dll yang menyangkut hak milik tanah dan bangunan, bila dipermasalahkan pemerintah, maka ini merupakan tanggung jawab pihak pertama.

Pasal 16
Apabila ada masalah asuransi bangunan yang sedang berjalan maka segala sesuatunya merupakan tanggung jawab pihak pertama.

Pasal 17
Bilamana salah satu atau kedua belah pihak meninggal dunia, sedangkan masa persewaan belum berakhir maka perjanjian ini tidak batal, tetapi dilanjutkan oleh ahli warisnya.

Pasal 18
Pihak kedua wajib turut serta menjaga keamanan, ketertiban lingkungan sekitar. Pihak kedua tidak diperkenankan untuk menempatkan bahan-bahan yang berbahaya bagi keselamatan manusia, lingkungannya, bangunan dan lain-lain. Misalnya bahan peledak.

Pasal 19
Apabila perjanjian ini disetujui untuk tidak diperpanjang setelah habis masa persewaan oleh sebab apapun, maka pihak kedua berjanji dan oleh karenanya berkewajiban menyerahkan kembali kepada pihak pertama segala apa yang disewakan dengan perjanjian ini dalam keadaan baik dan siap untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pasal 20
Apabila sampai 14 hari terhitung sejak tanggal berakhirnya perjanjian ini pihak kedua belum juga menyerahkan kembali segala hal yang disewa/disewakan dengan perjanjian ini maka pihak kedua dengan ini memberi kuasa pada pihak pertama, untuk dengan jalan atau cara yang dianggap paling baik oleh pihak pertama, mengosongkan bangunan yang bersangkutan dari penghuni dan barang-barangnya dan apabila dipandang perlu dapat dengan bantuan pihak yang berwajib (polisi) semua tadi atas biaya dan resiko pihak kedua sendiri.

Pasal 21
Hal-hal lain yang belum atau kurang cukup diatur dalm perjanjian ini akan diputuskan para pihak dengan dengan jalan musyawarah dan jika diperlukan akan dibuat tambahan penjelasan terhadap perjanjian kontrak ini (dalam bentuk addendum).

Pasal 22
Akhirnya mengenai perjanjian ini dan segala akibatnya para memilih tempat kedudukan umum dan tempat kedudukan hukum diwilayah kota (yang disepakati).

Pasal 23
Demikian perjanjian ini dibuat dan diresmikan di (kota yang disepakati) pada hari dan tanggal tersebut pada bagian awal perjanjian ini dan ditanda tangani diatas materai enam ribu rupiah (Rp. 6.000) untuk dijadikan landasan hukum dikemudian hari.

PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA

SAKSI 1 SAKSI 2

About these ads

2 Komentar »

  1. paniang wak de e….:P

    Komentar oleh ww — Oktober 23, 2009 @ 7:19 am | Balas

  2. kalau buat surat yang menyatakan saya ini memakai tanah/ rumah orang tua, ya katakan rumah mertua yang saya renovasi/ dirubah untuk usaha keluarga yaitu kos-kosan.
    Bagaimana? model bentuk surat pernyataannya?

    Komentar oleh herman sechan — Desember 2, 2011 @ 6:15 pm | Balas


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: