Belajar Menggapai Langit Blog

Mei 13, 2009

Memulai Usaha

Filed under: Wira Usaha — Mugito Guido @ 3:34 pm

Alkisah ada seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Ia melihat iklan lowongan pekerjaan di sebuah surat kabar. Dalam iklan lowongan tersebut dibutuhkanlah seorang pekerja sebagai office boy pada sebuah kantor. Karena memang pria ini sedang berusaha mencari pekerjaan, maka tidak dibuanglah kesempatan baik ini. Segeralah ia menulis surat lamaran dan dibawanya ke alamat yang dimaksud.

Setelah menjalani serangkaian test seleksi, maka sampailah ia pada tahap wawancara akhir. Pewawancara tersebut menanyakan kepada pelamar itu apakah ia telah memiliki sebuah e-mail. Dan karena memang selama ini ia tidak memiliki e-mail, maka ia akhirnya tidak diterima bekerja sebagi office boy di kantor tersebut.

Dalam perjalanan pulang, ia memutuskan untuk singgah ke sebuah super market. Dilihatnya masih ada uang Rp. 10.000,00 di dalam sakunya. Segeralah diputuskannya untuk membeli tomat dengan sisa uang yang masih ada padanya. Sesampainya di rumah, dijualnya tomat itu kepada para tetangga. Ketika dagangannya telah habis, ia segera membeli lagi tomat yang lebih banyak dan kemudian menjualnya lagi.

Demikianlah yang ia lakukan berulang-ulang sehingga usahanya menjadi besar. Kini timbul keinginannya untuk dapat memasok barang-barang ke super market tempat ia membeli tomat dahulu. Dan ternyata memang ia kemudian menjadi pemasok (supplier) barang-barang di super market itu. Bahkan ia sekarang juga menjadi supplier untuk beberapa super market lainnya.

Dalam suatu kesempatan wawancara tentang bagaimana usahanya menjadi besar oleh sebuah majalah kewirausahaan, pewawancara sangat heran mengapa untuk usaha sebesar itu ia juga belum mempunyai e-mail. Jawab pengusaha itu, bila ia mempunyai e-mail maka ia hanya akan menjadi seorang office boy.

Dalam memulai usaha kita sering mendewa-dewakan prasarana, seakan-akan tanpa prasarana yang memadai kita tidak mungkin memulai suatu usaha. Acapkali kita sering mengeluhkan tidak adanya sarana pendukung seperti tidak tersedianya modal dan terbatasnya waktu. Dalam kenyataannya kesulitan utama dalam memulai sebuah usaha hanya satu: memulainya.

Selamat memulai usaha!

Ditulis bebas dengan versi lain (karena cerita lengkapnya sudah lupa) dari Motivational story Bapak Tony Widjanarko – Dale Carnegi Training – Indonesia. Web:http://www.dalecarnegie.com
Kerja bareng dengan sebuah radio swasta niaga di Surabaya

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: