Belajar Menggapai Langit Blog

Juli 11, 2011

Ayo Menulis!

Filed under: Umum — Mugito Guido @ 6:26 pm

Pernahkah anda mendengar “Romeo dan Juliet”? Sebagian dari anda mungkin pernah, yang lain mungkin tidak. Kalau toh anda pernah dengar, apaan tuuuhhh?!!

Romeo dan Juliet adalah salah satu drama terkenal dari banyak karya besar pujangga Ingrris, William Shakespeare, yang hidup pada tahun 1564 – 1616. Ya, Shakespeare memang seorang penulis legendaris Inggris yang karyanya dikenal di seluruh dunia. Namanya masih tetap dikenang berabad kemudian oleh karena hasil tulisannnya.

Atau pernahkan anda mendengar Sutan Takdir Alisyahbana, Hamka, Marah Roesli, Chairil Anwar, Rosihan Anwar, atau Jacob Oetama? Mereka adalah sastrawan dari angkatan Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 66, dan Pak Jakob Oetama si pendiri Kompas dan tokoh media surat kabar. Mereka dikenal karena kiprah mereka di dunia tulis-melulis.

Ada pepatah ‘gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang’. Mungkin pepatah ini tepat untuk menggambarkan para tokoh-tokoh di atas, artinya mereka dikenang karena mereka meninggalkan karya (tulisan) yang masih tetap dikenal orang sampai kurun waktu yang lama. Ada sebagian orang berpendapat bahwa bila ingin dikenal orang kita harus menulis.

Apa pun pendapat anda, yang jelas menulis tidak ada ruginya! Selain anda dapat mengekspresikan ide dan pendapat anda, apa yang anda tulis mungkin saja bermanfaat bagi orang lain yang membaca. Bisa jadi tulisan anda bahkan dapat mengubah hidup orang lain ke arah yang positif tanpa anda menyadirinya.

Sulitkah menulis itu? Arswendo Atmowiloto dalam salah satu bukunya pernah menulis bahwa menulis itu gampang. Tentu yang dimaksud adalah menulis yang tidak sekedar menulis, tetapi menulis yang mudah dimengerti oleh orang lain. Konon orang bilang menulis itu meliputi tiga hal pokok, yaitu : isi tulisan, kemampuan olah bahasa dan tehnik penyajian. Saya pribadi berpendapat, satu hal lagi yang tidak bisa dilupakan adalah latihan!

Jaman dahulu agar tulisan kita dapat dibaca orang lain sangat sulit. Biasanya kita mesti mengirimkan hasil karya kita ke media cetak dan itu sering ditolak, setidaknya untuk tahap-tahap awal ketika kita sebagai pemula. Naskah dikembalikan oleh dewan redaksi setelah kumal penuh coretan sensor. Akhirnya naskah kita hanya tersimpan di arsip pribadi. Kalau toh dikenal menjadi penulis, paling-paling nama kita hanya tertampang pada majalah dinding sekolah.

Kini jaman sudah berubah. Untuk dikenal jadi penulis tidak harus menggantungkannya pada koran atau majalah yang galak dengan kriteria sensornya. Kita cukup buat website atau blog, gratis lagi. Nah, kita bisa mulai latihan menulis di situ. Selain sebagai ajang latihan menulis, hasil karya anda bisa langsung dilihat oleh orang sedunia.

Kalau jaman sudah maju seperti sekarang ini, siapa bilang menulis itu susah? Benar tuh, Pak Arswendo yang beberapa dekade lalu pernah bikin buku: “Mengarang Itu Gampang.”
Hanya ada satu hal sulit yang ada dalam menulis: memulainya! Oleh karena itu ayo mulai menulis!

Salam
Mas Guido
ket. gambar: dari Wikipedia

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: